Rabu, 23 Juli 2008

rEvieW n' dOnlOt LA Lights Indiefest Vol 1


Launching Album Kompilasi LA Lights Indiefest 2006



Festival LA Lights Indiefest sendiri diadakan di tiga kota besar yaitu Bandung, Surabaya dan Yogyakarta yang telah mampu menghimpun sekitar 1400 band, yang mendaftar melalui 11 radio. Namun akhirnya hanya 12 finalis yang mampu masuk kedalam tahap final yaitu C Cord, Dojihatori, Airport Radio, Gerbang, D’Rinos, Hollywood Nobody, Keykuno, Lovely Tea, Pegawai Negeri, 70s Orgasm Club, Vincent Vega, dan Vox. Tapi agak sedikit berbeda dengan festival yang biasa diadakan, karena biasanya disetiap festival pasti ada juaranya, sedangkan di LA Lights Indiefest tidak ada juaranya. Untuk lebih memperkenalkan album ini kepada khalayak luas LA mengadakan acara launching album kompilasi ini tidak hanya di satu tempat saja bahkan di dua tempat berbeda.

Sekitar tiga sore di Ciwalk – Cihampelas Bandung, tempat ini tampak lebih padat dari biasanya. Di sebuah stage yang berada di dekat pelataran parkir tampak dua MC kocak Ringgo Agus dan Riki yang mulai bercuap-cuap memulai acara launching album kompilasi ini. Diawali dengan penampilan Lovely Tea band asal Surabaya yang melantunkan single mereka di album kompilasi ini berjudul Train. Selain Lovely Tea tampil pula Airport Radio band yang mengusung dark wave, 70s Orgasm Club dengan sound funk/soul dicampur unsur rock yang akan membawa kita ke era tahun 70 an, dan Vox band asal Surabaya yang mengusung Folk Rock.

Sedikit berbeda konsep, event yang digelar di AACC (Asia Africa Cultural Center Jl. Braga No. 1, Bandung) memang sengaja berkonsep lebih untuk komunitas indie-nya, sedangkan yang diadakan di Ciwalk sebagai ajang aware kepada publik. Event yang dimulai sekitar sembilan malam ini benar-benar dahsyat. Gedung AACC sendiri terlihat tak mampu menampung crowd yang hadir menyesaki tempat itu. Sehingga mengharuskan pihak penyelenggara menutup jalan Asia Afrika dan mendirikan sebuah screen agar pengunjung yang diluar tetap dapat menyaksikan event ini. Di tempat ini tidak hanya finalis LA Lights Indiefest saja yang tampil bahkan ada beberapa band indie yang namanya sudah tak asing seperti Mocca, Polyester Embassy dan The Sigit. Bahkan kalau saja tak berhalangan band indie yang namanya cukup legenda Pure Saturday akan ambil bagian meramaikan event ini.

Mocca membuka event ini, dan dengan riuhnya sambutan pengunjung menghangatkan suasana yang memang sudah panas dan penuh dengan orang yang berdesakan. Vincent Vega pun tak mau kalah ikut membakar suasana dengan single Shane nya. Tak lama suasana mulai meredam dengan hadirnya Polyester Embassy yang mengingatkan kita kepada sebuah band asal Inggris Radiohead. Lewat beberapa single lagu mereka yang memang memilki kemiripan dengan Radiohead, crowd yang hadir dipaksa menikmati suasana kelam. Tiba-tiba muncul Hollywood Nobody yang cukup menggelitik crowd dengan musiknya yang bergenre Bossanova. Sekedar info single Hollywood Nobody bertitel “Kiss The Pain Away” ini merupakan single yang terpilih untuk dibuat video klip dari album kompilasi ini.

Album ini menurut saya memberikan warna tersendiri pada dunia musik indonesia karena lagu2 yang dibawakan oleh C Cord, Dojihatori, Airport Radio, Gerbang, D’Rinos, Hollywood Nobody, Keykuno, Lovely Tea, Pegawai Negeri, 70s Orgasm Club, Vincent Vega, dan Vox memberikan warna yang baru dalam industri musik. Terlebih Vox dengan tembang I'll See You dengan lirik berbahasa inggrisnya mampu membawa kita mengingat lagu2 yang dibawakan oleh The Beatles.

Mo donlot Album Compilation La Light Indiefest ini klik aja di bawah (lokal kok ga pake lama)


Download Compilation La Light Indiefest





Tidak ada komentar: